Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini, Jeruk merupakan salah satu jenis buah buahan yang memiliki rasa asam, manis dan segar.  Buah jeruk termasuk dalam keluarga Citrus yang berasal dari suku Rutaceae, rasa asam dari jeruk ini berasal dari kandungan asam sitrat. Selain itu buah jeruk juga mengandung Vitamin C yang sangat tinggi dan baik sekali untuk kesehatan tubuh dengan cara meningkatkan sistem daya tahan tubuh.
Jeruk dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 0-400 mdpl, dengan keadaan iklim berkisar suhu udara 25 °C - 30 °C atau rata-rata 20 °C dan curah hujan tidak lebih dari 100 mm/bulan atau 1200 mm/tahun, kelembaban udara 50 % - 85%. Jeruk harus ditanam di tempat terbuka atau mendapat cukup sinar matahari, dan apabila ditanam di dataran tinggi dapat menyebabkan kulit menjadi tebal dan rasa jeruk menjadi pahit.

Sejarah Buah Jeruk

Tanaman jeruk berasal dari benua Asia, Khususnya Asia Timur dan Asia Tenggara. Cina dipercaya sebagai tempat pertama kali jeruk tumbuh. Sejak ratusan tahun yg lalu, jeruk sudah tumbuh di Indonesia baik secara alami atau dibudidayakan. Tanaman jeruk yg ada di Indonesia adalah peninggalan orang Belanda yg mendatangkan jeruk manis dan keprok dari Amerika dan Itali. Buah jeruk sangat di sukai oleh semua orang mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Rasanya yang sebagian besar asam dan manis serta menyergakan itulah yang menarik minat setiap orang untuk mengkonsumsinya. Tahukah anda?? bahwa ternyata buah jeruk memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, baik dalam menjaga kesehatan tubuh atau mengatasi berbagai macam penyakit ringat maupun berat.

Berikut Ini Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh Dan Penelitian Para Ahli Mengenai Khasiat Jeruk

Menurut the National Health and Nutrition Examination Survey, kurang dari 2% orang dewasa AS tidak memenuhi asupan harian kalium sebanyak  4700 mg. Mereka juga, asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan 20% penurunan risiko kematian karena berbagai kasus penuyakit. Mempertahankan asupan kalium penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi, karena kalium memiliki efek vasodilatasi. Nah! Kalium ini banyak terkandung pada buah jeruk, dengan mengkonsumsi buah jeruk sehari hari dapat mempertahankan kalium dalam tubuh anda.


Menurut American Heart Association, Mengkonsumsi buah jeruk atau buah anggur dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit stroke terutama bagi perempuan. Konsumsi jeruk dalam jumlah tinggi berisiko baik yaitu mencegah stroke iskemik 19% lebih tinggi di bandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi sedikit jeruk.

Menurut Mark Houston, MD, MS, seorang profesor klinis kedokteran di Vanderbilt Medical School dan direktur Hipertensi Institute di Rumah Sakit St Thomas di Tennessee. Mengatakan dalam hal penelitiannya, mereka yang mengkonsumsi 4069 mg kalium per hari memiliki risiko yang lebih rendah 49% dari kematian akibat penyakit jantung dibandingkan dengan yang kurang mengkonsumsi kalium (sekitar 1000 mg per hari).
Manfaat Buah Jeruk Lainnya :
  • Jeruk mengandung gula alami atau fruktosa yang bagus bagi penderita diabetes dan juga orang dengan resiko diabetes. Fruktosa dalam jeruk cukup untuk memenuhi kebutuhan gula dalam tubuh sehingga kadar gula darah tetap stabil. Jadi bagi yang menderita diabetes, mengkonsumsi jeruk adalah cara paling tepat untuk menjaga kadar gula darah agar tetap pada batas normal.
  • Konsumsi jeruk setiap hari bisa melancarkan pencernaan karena jeruk mengandung serat yang tinggi, Selain itu kandungan serat tinggi dalam jeruk dapat juga membantu mengurangi resiko terserang penyakit hemoroid dan kanker usus. Makanlah dua buah jeruk setiap hari.
  • Kandungan vitamin C pada jeruk sangat bagus untuk memperkuat imun tubuh serta menangkal radikal bebas dan juga serangan berbagai penyakit. Dengan Imunitas yang kuat maka kesehatan tubuhpun akan terjaga. Vitamin C juga berkhasiat untuk menyegarkan tubuh dan berenergi.
  • Kandungan vitamin C pada jeruk mampu menyembuhkan sariawan yang muncul. Sariawan sendiri muncul karena kekurangan Vit C dengan memenuhi asupan Vit C maka sariawan akan hilang.
  • Manfaat jeruk sangat baik untuk mencegah penyakit kanker seperti kanker kulit, payudara, paru-paru, mulut dan usus besar. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung D-limonene yang merupakan senyawa yang sangat baik untuk mencegah berbagai kanker tersebut.
  • Bagi anda yang bermasalah dengan kadar kolersterol yang tinggi, maka mengkonsumsi jeruk merupakan salah satu solusi yang dapat anda ambil. Ini dikarenakan, buah jeruk mengandung Hesperidin dan Pectin. Zat tersebut sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol.
  • Buah jeruk ternyata sangat baik untuk perkembangan otak anda. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung asam folat yang merupakan zat yang mampu membantu perkembangan otak anda.
  • Buah jeruk juga mengandung zat antioksidan. Fungsi antioksidan yaitu dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas Sehingga anda akan tampak lebih awet muda.
Itulah manfaat buah jeruk untuk kesehatan! Demikian artikel yang saya sajikan untuk anda, semoga dapat bermanfaat. Lebih baik mencegah daripada mengobati penyakit, nah salah satu pencegahan penyakit terbaik adalah dengan mengkonsumsi buah jeruk secara rutin setiap hari.

Baca Juga :
Jelly gamat qnc 
Multikhasiat
Pengobatan Alami

Related Posts:

0 Response to "Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan"

Posting Komentar