5 Gejala Batuk Rejan Yang Wajib Anda Ketahui

5 Gejala Batuk Rejan Yang Wajib Anda Ketahui


Batuk rejan merupakan istilah bahasa Indonesia untuk menggambarkan batuk yang menimbulkan suara rejan. Penyakit ini dalam bahasa medis dikenal dengan istilah pertusis karena disesuaikan dengan penyebabnya, berupa bakteri bordetella pertusis. ads Pertusis juga dikenal dengan bahasa awam sebagai istilah batuk 100 hari. Karena orang yang menderita jenis batuk ini mememiliki gejala yang panjang dan membutuhkan waktu yang lama untuk sembuh.


5 Gejala Batuk Rejan Yang Wajib Anda Ketahui

Batuk rejan memiliki gejala yang dapat diamati dengan jelas, salah satunya adalah dengan ditandai dengan suara yang keras dengan nada melengking.  Ketika orang yang menderita pertusis, maka dapat terlihat wajahnya akan memerah. Tak hanya itu kekuatan batuk tersebut membuat penderita kesulitan untuk menarik nafas antara periode batuk.

Suara melengking yang dihasilkan dari batuk tersebut membuat penyakit ini dikenal dalam bahasa Inggris dengan sebutan whooping cough. Hal lain yang paling menyiksa biasanya pada akhir batuk juga akan dibarengi oleh muntah.

Ciri khas tersebut dapat ditemui pada penderita anak-anak, meski demikian untuk bayi yang berusia dibawah 6 bulan suara melengking tersebut tidak ditemukan. Tak hanya itu, ciri spesifik lainnya adanya penurunan berat badan. Penderita pada usia inilah yang membuat khawatir karena bisa memicu komplikasi yang serius sehingga membutuhkan perawatan yang intesif dirumah sakit.

Sementara itu, untuk orang dewasa batuk rejan ini umumnya hanya berupa batuk kering dengan nafas yang melengking. Jangka waktu yang panjang untuk mengobati batuk ini juga menjadi ciri khas walaupun telah mengkonsumsi antibiotik. Meski demikian, pada beberapa kasus batuk rejan ini bisa mencapai 3 bulan atau lebih. Untuk gejala pertusis biasanya ditemukan dalam 3 tahap, dimana dua tahap pertama merupakan periode menular.


Baca Juga : 



Posted By : Jelly Gamat QnC



Related Posts:

0 Response to "5 Gejala Batuk Rejan Yang Wajib Anda Ketahui"

Posting Komentar